Pengertian Benua Dan Samudra Serta Sejarah Terbentuknya Terlengkap

Pengertian Benua dan Samudra Serta Sejarah Terbentuknya Terlengkap - Bentuk muka bumi terdiri atas daratan dan lautan. Benua yakni kenampakan bumi yang berupa daratan, sementara Samudra yakni mencakup lautan yang cukup luas. Benua yang yang ada di dunia terdiri atas 6 (enam) benua dan 4 (empat) samudra. Tahukah kau letak-letak benua dan samudra tersebut? Kalau kau masih belum tahu dan belum memahaminya, mari ikuti bahan ini.

Pengertian Benua dan Samudra Serta Sejarah Terbentuknya Terlengkap Pengertian Benua dan Samudra Serta Sejarah Terbentuknya Terlengkap


Pengertian Benua dan Samudra

Benua adalah kenampakan bumi yang berupa daratan yang sangat luas dan bersifat kering sebab itu daratan tersebut tidak menerima efek dari angin bahari yang berair dan lembab.

Sementara Samudra adalah lautan yang cukup luas yang dikelilingi oleh benua dan daratan.

Terbentuknya Benua dan Samudra

Benua dan Samudra - Pada dahulu kala, bentuk benua dan samudra tidak menyerupai zaman kini ini. Karena banyak melalui proses yang panjang, maka terbentuklah benua menyerupai pada zaman kini ini. Menurut ilmuwan asal Jerman Alfred Wagener, sebelum zaman carbon semua benua kini ini tergabung menjadi satu yang disebut yakni Benua Pangea. Sementara Benua Pangea terpecah menjadi dua pecahan benua yakni, Benua Laurasi dan Benua Gondwana.

Benua Laurasia pecahan barat bergerak ke utara menjadi menjauhi dari Benua Gondwana yang balasannya membentuk benua Amerika Utara. Sementara itu, Benua Gondwana di selatan terpecah menjadi berapa benua, yakni:

  • Dari arah pecahan barat bergerak ke arah barat menjadi Benua Amerika Selatan
  • Dari arah pecahan timur bergerak ke timur menjadi Benua Afrika
  • Dari arah pecahan terkecil dari arah timur bergerak ke arah timur bahari menjadi India
  • dan dari arah pecahan lagi terpecah menjadi beberapa pecahan yaitu, dari arah pecahan timur bergerak ke arah timur bahari dan pecahan barat bergerak ke arah selatan

Dalam berkembangannya, pecahan Amerika Utara bergabung menjadi satu dengan pecahan daratan Amerika Selatan. Eurasia menjadi sebuah Benua Eropa dan Benua Asia.

Terdapat juga pecahan selatan yang bergerak ke arah selatan menjadi Benua Antartia dan dari pecahan selatan bergerak ke arah timur bahari menjadi sebuah Benua Australia.

Alfred Wagener menciptakan sebuah teori yang tekenal adalah sebuah teori yang berjulukan Teori Pergeseran Benua. Teori tersebut terdiri dari beberapa faktor alam yang dikemukakan oleh Alfred Wagener yaitu:

  • Lekukan sebuah pantai Afrika Timur, Amerika Selatan dan Amerika Utara atau pantai Afrika dan pantai barat Eropa semuanya hampir meyerupai atau sama.
  • Daratan Tanah Hijau yang terdapat di Antartika atau di Greendland setiap tahun menjauh dari Benua Eropa.
  • Tanah di Afrika, India, Antartika, Autralia dan Amerika menandakan persamaan sifat tanah tersebut.
  • Sebuah pulau Madagaskar bergerak ke arah barat dan terhambat oleh Benua Afrika.



Demikian Pembahasan Tentang Pengertian Benua dan Samudra Serta Sejarah Terbentunya Terlengkap dari
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca Pengertian Benua dan Samudra Serta Sejarah Terbentuknya Terlengkap Pengertian Benua dan Samudra Serta Sejarah Terbentuknya Terlengkap

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Benua Dan Samudra Serta Sejarah Terbentuknya Terlengkap"

Posting Komentar