Definisi Riset Operasi

Definisi Riset Operasi - Menurut Operation Research Society Of Great Britain, Riset Operasi merupakan penerapan metode-metode ilmiah dalam problem yang komplek dan suatu pengolahan sistem managen yang besar, baik menyangkut manusia, mesin, materi dan uang dalam indutri, bisnis, pemerintahan dan pertahanan.

Pendekatan ini menggabungkan dan menerapkan metode ilmiah yang sangat komplek dalam suatu pengolahan mangemen dengan memakai faktor-faktor produksi yang ada dan dipakai secara efisien dan efektif untuk membantu pengambilan keputusan dalam kebijakan perusahaan.

Definisi lain berdasarkan Operation Research Society Of America, Riset Operasi berkaitan dengan pengambilan keputusan secara ilmiah dan bagaimana menciptakan suatu model yang baik dalam merancang dan menjalankan sistem yang melalui alokasi sumber daya yang terbatas. Inti dari beberapa kesimpulan di atas yaitu bagaimana proses pengambolan keputusan yang optimal dnegan memakai alat analisis yang ada dan adanya keterbatasan sumber daya.



Operation Research Society Of Great Britain Definisi Riset Operasi


Sejarah Perkembangan Riset Operasi


Asal muasal dari riset operasi tidak terbatas dari adanya perang dunia II. Melalui perang adanya suatu kebutuhan, yaitu bagaimana mengalokasikan sumber-sumber daya yang terbatas kepada banyak sekali setiap elemen operasi militer dalam kegiatan-kegiatannya secara efektif. Oleh sebab itu, para pimpinan perang meminta saran kepada sejumlah hebat sains untuk menerapkan pendekatan ilmiah dalam menghadapi permasalahan dan bagaimana upaya pemecahannya secara strategis.

 - Pada tahun 1939, GA. Robert dan E.C. William membuatkan pertama kali sistem komunikasi untuk angkatan udara Inggris. Pada tahun 1940, riset operasi dipakai oleh McClosky dan Trenfthen dari Inggris. Mereka menerima kiprah untuk menemukan suatu alat gres semoga sanggup mendeteksi acara musuh. Mulai ketika itu ditemukan suatu alat yang sanggup melaksanakan pendeteksian, yaitu Radar. Langkah selanjutnya merekan melaksanakan penelitian-penilitian lebih lanjut pada bidang operasi militer.

Model-Model Dalam Riset Operasi

Model yaitu suatu penyerderhanaan dari permasalahan yang kompleks menjadi lebih sederhana. Berikut beberapa penjabaran model dalam riset operasi sebagai berikut:

1. Model Iconic (Psychical)

Model ini merupakan suatu model yang bentuk penyajiannya berupa fisik dari apa yang ada, misalkan buku, meja dan lain-lainnya. Model itu sanggup diamati, diraba, dijelaskan, akan tetapi sulit untuk dimanipulasi.

2. Model Analog

Model ini memeliki kelebihan dari model sebelumnya, dalam model ini suatu kondisi sanggup dianalogikan melalui ciri-ciri yang ada, misalkan pada jam dinding yang menunjukan jarum jam yang paling pendek mengambarkan waktu jam, yang lebih panjang menunjukan menit dan yang bergerak setiap detik menunjukan detik.

3. Model Matematik

Model ini memakai simbol-simbol matematika dalam penggunaannya. Terdapat dua model matematik, yaitu model deterministik (membahas untuk situasi yang pasti, contohnya 1+1=2) dan probablistik (membahas untuk situasi yang tidak pasti, contohnya pakah hari ini saya hujan?).

Tahap-Tahap Umum Dalam Riset Operasi

Terdapat lima tahap dalam riset operasi, anatar lain:

1. Merumuskan Masalah

Hal ini menggambarkan permasalahan yang sedang dihadapai perusahaan. Dalam perumusan problem ditentukan variable keputusan  (apa yang sanggup dikendalikan perusahaan melalui sumber daya yang ada), tujuan (menentukan tujuan dari variabel keputusan yang ada, apakah akan memaksimalkan laba, meminummkan biaya dan lain-lainnya), dan hambatan (pembatas-pembatas yang dihadapi perusahaan untuk mencapai tujuan tersebut, contohnya mesin, tenaga kerja, materi baku dan lain-lainnya).

2. Membentuk Model Matematis

Dari permasalahan yang ada dibentuk dalam model matematis untuk menciptakan permasalahan lebih terang dan dimengerti dalam mengetahui korelasi yang saling terkait.

3. Mencari Penyelesaian Masalah

Dari alat analisis yang ada pada riset operasi dipilih alat mana yang dipakai untuk memecahkan problem tersebut.

4. Menguji Model

Menguji model merupakan proses pengecekan apakah model tersebut telah mencerminkan dari apa yang diwakili. Model ini dipakai sebagai dasar pengujian validasi dengan membandingkan hasil masa lampau dengan hasil masa sekarang dan harus memperlihatkan hasil yang sama.

5. Melaksanakan Keputusan

Langkah ini merupakan langkah menjalankan keputusan sesuai dengan apa yang telah dibentuk pembuat keputusan. Langkah ini sangat penting sebab pelaksanaan keputusan memperlihatkan bahwa permasalahan sanggup diselesaikan dengan baik dan juga memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada.

Tahap Dalam Riset Operasi


Artikel Sebelumnya: Pengertian Negara Berkembang dan Negara Maju Terlengkap




Demikian Pembahasan Tentang Definisi Riset Operasi dari
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca Operation Research Society Of Great Britain Definisi Riset Operasi

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Definisi Riset Operasi"

Posting Komentar