Definisi Perubahan Sosial Budaya Di Indonesia

Definisi Perubahan Sosial Budaya Di Indonesia - secara umum pengertian Perubahan Sosial merupakan segala perubahan pada forum kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang menghipnotis sistem sosialnya, termasuk di dalam nilai-nilai sikap dan pola sikap di antara kelompok dalam masyarakat.




Berikut pengertian Perubahan Sosial berdasarkan para jago sebagai berikut:
Kingsley Davis
Perubahan Sosial merupakan sebagai perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat.
Mac Iver
Perubahan Sosial merupakan perubahan dalam hubungan sosial atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan hubungan sosial.
William Ogburn
Perubahan Sosial merupakan ruang lingkup perubahan sosial meliput kebudayaan meterial dan immaterial serta hubungannya.
John Lewis Gillin dan John Philip Gillin
Perubahan Sosial merupakan suatu variasi dari cara-cara hidup yang telah diterima, baik sebab perubahan kondisi geografis kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi maupun sebab adanya difusi ataupun penemuan-penemuan gres dalam masyarakat.

Pada hakikatnya, perubahan sosial di dalam masyarakat yang terjadi ialah perubahan struktur dan fungsi sosialnya. Contoh perubahan dalam struktur ialah jumlah penduduk, status sosial dan pelapisan sosial.

Berbicara duduk kasus perubahan masyarakat juga berarti berbicara mengenai perubahan kebudayaan. Perubahan kebudayaan berjalan terus-menerus. Ada perubahan kebudayaan yang bergerak cepat dan lambat. Dipandang dari sudut kebudayaan, kehidupan bersama antar insan menghasilkan kebiasaan, budbahasa istiadat dan pranata sosial. Hasil kebiasaan insan tersebut ialah aspek kebudayaan.

Di abad globalisasi dikala ini mengakibatkan dampak besar terhadap perubahan kebudayaan. Namun, perlu kita sadari bahwa perubahan yang terjadi tidak hanya membawa kemajuan tetapi juga akan membawa dampak yang negatif.

 - Menurut Taylor mendifinisikan kebudayaan sebagai suatu kompleks yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, aturan budbahasa istiadat dan setiap kemampuan serta kebiasaan insan sebagai warga masyarakat. Dengan demikian perubahan kebudayaan sanggup diartikan sebagai perubahan dari setiap unsur-unsur tersebut.

Mekanisme Perubahan Kebudayaan


Inovasi

Inovasi merupakan sistem wangsit atau gagasan, tindakan atau barang yang dianggap gres oleh masyarakat. Inovasi sanggup diartikan sebagai unsur budaya tertentu yang merupakan hasil pembaruan. Contohnya, bagi masyarakat Indonesia Komputer, internet, telepon seluler dianggap sebagai inovasi, tetapi di Eropa, Amerika Serikat, Jepang dan negara maju lainnya hal tersebut bukan lagi suatu inovasi. Inovasi  lainnya berupa ide, contohya ideologi nasionalisme, demokrasi dan trias politika.

Inovasi yang bisa diterima oleh masyarakat ialah penemuan yang bisa membawa kemajuan dan kesejahteraan, misalnya teknologi kedokteran, komunikasi dan sebagainya. Penemuan gres sanggup dibedakan atas Discovery dan invention.

Discovery

Discovery merupakan penemuan gres dari suatu unsur kebudayaan, baik yang berupa ide/gagasan, ilmu pengetahuan, teknologi, maupun alat tertentu, tetapi belum diakui dan dipakai secara luas oleh warga masyarakat. Contohnya penemuan listrik, mesin uap dan kendaraan beroda empat yang pertama kali ditemukan namun belum disempurnakan.

Invention

Invention merupakan penemuan gres yang sudah diterima, diakui dan dipakai secara luas oleh warga masyarakat. Hal ini terjadi sebab discovery  telah dikembangkan lebih lanjut oleh beberapa orang pakar selama bertahun-tahun. Contohnya, penemuan kendaraan beroda empat pertama kali oleh S. Marcus (Discovery). Setelah kendaraan beroda empat itu disempurnakan selama 30 tahun barulah menjadi kendaraan beroda empat yang kondusif dikendarai (Invention). Pada dikala discovery menjadi Invention, proses penemuan itu belum selesai, penelitian dan penyermpurnaan terhadap invention terus dilakukan semoga sanggup dihasilakan produk-produk yang lebih canggih lagi.

Difusi dan Budaya Nasional

Selain inovasi, discovery dan invention, ternayata ada difusi, serta budaya nasional yang harus kita cermati sebagai dampak dari terjadinya perubahan kebudayaan.

Difusi

Difusi merupakan proses penyebaran unsur-unsur budaya dari suatu masyarakat ke masyarakat lainnya atau penyebaran budaya di dalam masyarakat sendiri. Penyebaran bisa berupa unsur-unsur usang ataupun unsur-unsur gres hasil dari suatu inovasi.

Adapun faktor-fakor yang menghipnotis terjadinya proses difusi tersebut ialah sebagai berikut:
1) Difusi antar masyarakat, dipengaruhi oleh faktor sebagai berikut:

  • Adanya penemuan unsur budaya gres yang lebih efisien atau lebih canggih.
  • Adanya kemampuan untuk mendemonstrasikan hasil penemuan gres tersebut.
  • Adanya ratifikasi dari masyarakat akan kegunaan unsur gres tersebut.
  • Belum adanya unsur lain yang menyaingi unsur gres tersebut.
  • Adanya paksaan dari pimpinan masyarakat untuk mendapatkan unsur gres tersebut.


2) Difusi intramasyarakat, dipengaruhi oleh beberapa faktor sebagai berikut:

  • Adanya ratifikasi yang luas akan kegunaan unsur budaya gres yang lebih efisien.
  • Unsur-unsur gres yang bertentangan dengan nilai atau norma agama dan budbahasa akan ditolak.
  • Kedudukan dan peranan individu yang menemukan unsur gres sangat memengaruhi proses penyebarannya.


Proses difusi memiliki tiga bentuk, yaitu:

  • Simbolik
  • Penetrasi Pasifique
  • Penetrasi Violente


Budaya Nasional

1) Pengetian
Dalam klarifikasi Undang-Undang Dasar 1945 disebutkan bahwa kebudayaan nasional ialah kebudayaan yang timbul dari banyak sekali buah perjuangan dari rakyat Indonesia seluruhnya, termasuk kebudayaan usang dan gres yang terdapat sebagai puncak-puncak kebudayaan tempat di seluruh Indoneisa.

2) Budaya nasional sebagai pemikiran bersikap dan berperilaku bagi seluruh bangsa Indonesia
Budaya sebagai sistem gagasan bersifat abstrak. Dalam wujudnya sebagai suatu sistem gagasan, budaya merupakan pemikiran dalam bersikap dan berperilaku. Menurut Kluckohn dan Kelli beropini budaya merupakan gagasan prima yang diwarisi melalui proses berguru untuk kemudian menjadi pemikiran  dalam berperilaku.

3) Perwujudan Kebudayaan Nasional
Manifestasi budaya nasional sanggup disaksikan dari cara berpakaian, berbahasa, berperilaku dan dari peralatan atau artefak yang dimiliki bangsa Indonesia.


Artikel Sebelumnya: Pengertian Metode Grafik Terlengkap



Demikian Pembahasan Tentang Definisi Perubahan Sosial Budaya Di Indonesia dari
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca Definisi Perubahan Sosial Budaya Di Indonesia Definisi Perubahan Sosial Budaya Di Indonesia

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Definisi Perubahan Sosial Budaya Di Indonesia"

Posting Komentar