Makna Wacana Kedaulatan Rakyat

Makna Tentang Kedaulatan Rakyat - Sebelum membahas wacana kedaulatan rakyat, perlu dijelaskan terlebih dahulu siapakah rakyat itu? Rakyat ialah orang yang tunduk pada suatu pemerintah negara. Dalam negara yang memerintah dan ada yang diperintah, yang memerintah negara disebut dengan pemerintahan dan yang diperintah oleh negara disebut rakyat. Oleh alasannya yakni itu, keberadaan suatu negara sangat ditentukan oleh pemberian rakyat.

 Sebelum membahas wacana kedaulatan rakyat Makna Tentang Kedaulatan Rakyat

Istilah rakyat berbeda dengan istilah warga negara, penduduk, bangsa dan masyarakat. Warga negara ialah orang yang mempunyai hak dan kewajiban terhadap suatu negara. Adapun pengertian penduduk ialah orang yang bertempat tinggal pada wilayah suatu negara. Penduduk dibedakan antara warga negara dan warga negara asing. Pengertian bangsa ialah sekelompok orang yang mempunyai perasaan senasib akan keberadaan suatu negara. Sedangkan pengertian masyarakat ialah sekelompok orang yang tinggal bersama di suatu kawasan tertentu dan terikat pada nilai-nilai tertentu yang diterima secara bersama.

Pengertian kedaulatan rakyat berafiliasi bersahabat dengan pengertian perjanjian masyarakat dalam pembentukan asal mula negara. Negara terbentuk alasannya yakni adanya perjanjian masyarakat. Perjanjian masyarakat disebut juga dengan istilah kontrak sosial. Ada beberapa hebat yang telah mempelajari kontrak sosial, antara lain Thomas Hobbes, John Locke dan Jean Jaques Rousseau.

Kedaulatan rakyat mengandung arti, bahwa yang terbaik dalam masyarakat ialah yang dianggap baik oleh semua orang yang merupakan rakyat. Pengertian kedaulatan itu sendiri ialah kekuasaan yang tertinggi untuk menciptakan undang-undang dan melaksanakannya dengan semua cara yang tersedia. Oleh alasannya yakni itu, kedaulatan rakyat membawa konsekuensum bahwa rakyat sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Kedaulatan rakyat berarti juga, pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Pemerintahan dari rakyat berarti mereka yang duduk sebagai penyelenggara pemerintahan terdiri atas rakya itu sendiri dan memperoleh pemberian oleh rakyat. Pemerintahan oleh rakyat mengandung pengertian, bahwa pemerintahan yang ada diselenggarakan dan dilakukan oleh rakyat sendiri baik melalui demokrasi eksklusif maupun demokrasi perwakilan. Pada Gambar 1.1. pertanda keterlibatan rakyat membentuk pemerintahan sebagai wujud pelaksanaan kedaulatan rakyat melalui pemilihan umum. Pemerintahan untuk rakyat artinya pemerintahan yang dilaksanakan sesuai dengan kehendak rakyat. Contoh lain wacana pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat juga sanggup dilihat pada gambar 1.1.

Gambar 1.1. Demokrasi sebgai pemerintahan dari, oleh dan untuk rakyat
Pelaksanaan prinsip kedaulatan rakyat sanggup dilakukan melalui demokrasi eksklusif maupun demokrasi perwakilan. Demokrasi eksklusif bercirikan rakyat mengambil bab secara pribadi dalam tindakan-tindakan dan pemberian bunyi untuk membahas dan mengesahkan undang-undang. Sedangkan demokrasi perwakilan, rakyat menentukan warga lainnya sebagai wakil yang duduk di forum perwakilan rakyat untuk membahas dan mengesahkan undang-undang.



Demikian Pembahasan Makna Tentang Kedaulatan Rakyat dari
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca  Sebelum membahas wacana kedaulatan rakyat Makna Tentang Kedaulatan Rakyat

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Makna Wacana Kedaulatan Rakyat"

Posting Komentar